Kerusakan di Wilayah Pesisir Harus Segera di Antisipasi

READ.ID, – Adanya kemungkinan peningkatan kerusakan lingkungan di wilayah pesisir dan juga pulau-pulau kecil segera diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Ini akan melibatkan berbagai stake holder terkait.
Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Darda Daraba saat membuka rapat koordinasi pengelolaan kawasan konservasi yang efektif dan pengembangan BMKT sebagai koleksi negera dalam upaya memajukan museum dan industri wisata bahari, di hotel Maqna, Jumat (26/7).
“Kita harus menekan laju kerusakan ekosistem, baik itu wilayah pesisir maupun pulau-pulau kecil,” kata
Menurut Darda untuk menjaga ekosistem daerah pesisir dan pulau pulau kecil tidak cukup hanya satu sektor saja yang masuk, tapi harus dirembukkan bersama dari berbagai sektor, semuanya harus terpadu.
“Penanganannya harus sistematis dan komprehensif,” kata Darda.
Ia mengungkapkan jika Gubenur Rusli Habibie punya perhatian yang sangat besar terhadap penekanan laju kerusakan daerah pesisir dan pulau-pulau kecil.
“Pak gubernur dalam hal ini sangat konsen bahwa penekanan laju kerusakan daerah pesisir maupun pulau-pulau kecil harus kita tangani bersama. Artinya apa? Bahwa kalau ini kita tidak tangani , maka laju perubahan atau kerusakan akan lebih tinggi, bagaimana dengan anak cucu berikutnya?,” jelas Darda dengan nada khawatir.
Darda berharap dari dari rapat koordinasi yang diadakan Kemenko Maritim ini, bisa mengeluarkan kesepakatan-kesepakatan baru.
“Nanti kita tinjau dari perdanya itu, kalau isinya itu kita harus revisi atau bagaimana. Yang jelas kita harus menekan laju kerusakan ekosistem baik itu wilayah pesisir maupun pulau-pulau kecil,” pungkas Darda.

pahlawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *