Date:July 13, 2020

Kesan dan Pesan Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh di Gorontalo

Kesan Pasien Covid-19 Gorontalo

READ.ID – Satu pasien Covid-19 memberikan kesan dan pesan setelah dinyatakan sembuh, Kamis 28 Mei 2020. Pasien dinyatakan sembuh setelah dilakukan dua kali swab test dengan hasil negatif.

Jumlah Terpapar Covid-19 Di Gorontalo
POSITIF
345 +30
DIRAWAT
98
SEMBUH
230
MENINGGAL
17
Sumber data : Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Update terakhir : 11 Juli 2020 15:00 WITA

Pasien sembuh ini adalah pasien 30 berinisial ASD, laki-laki umur 35 tahun asal desa Luwoo, kecamatan Telaga Jaya, kabupaten Gorontalo. Pasien 30 merupakan tenaga kesehatan di rumah sakit Aloei Saboe Kota Gorontalo. Ia terkonfirmasi positif pada 20 Mei 2020 lalu.

ASD menceritakan pengalamannya saat awal dinyatakan positif Covid-19 hingga selama dikarantina di rumah sakit.

“Sewaktu pertama dinyatakan positif, saya tidak panik karena sudah resiko saya sebagai tenaga kesehatan untuk menangani Covid-19. Dari awal, saya sudah sampaikan kepada keluarga dan teman-teman kesehatan lainnya, kita harus siap dengan resiko yang ada,” ungkap ASD.

Selain dukungan yang luar biasa dari keluarga, dirinya merasa bersyukur kepada Allah SWT dan mengucapkan banyak terima kasih atas perjuangan para medis, baik dokter, perawat dan pemerintah yang menangani covid-19.

“Saya dengan pasien lainnya disini diberikan pelayanan yang semaksimal mungkin oleh para tim medis. Dukungan dan moril diberikan kepada kami pasien. Dengan bantuan doa keluarga, teman-teman, akhirnya saya dinyatakan sembuh. Saya senang sekali,” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada pasien lainnya yang menjalani perawatan, diharapkan jangan takut. Karena isolasi ini tujuannya adalah agar tidak menularkan virus ke orang lain. Masyarakat juga diminta agar tidak mengucilkan pasien covid-19 dan keluarga pasien, karena penyakit covid-19 ini bukan aib.

“Bagi yang sedang dirawat, tetap semangat. Kita yakin covid-19 ini bisa sembuh. Saya berharap juga kepada masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat, selalu mentaati himbauan pemerintah dengan menjaga jarak, pakai masker, jangan berkerumun dan selalu mencuci tangan,” pesan ASD.

Setelah dinyatakan sembuh, ASD mengaku akan kembali bekerja di ruang isolasi RS Aloei Saboe untuk menangani pasien Covid-19.

“Saya akan kembali bekerja di ruang isolasi menangani pasien. Saya tidak akan mundur walaupun saya sudah pernah terpapar Covid-19. Karena Tenaga medis garda terdepan untuk memerangi virus Corona,” tandasnya.

Hingga Kamis 28 Mei 2020, total kasus positif Covid-19 di Provinsi Gorontalo berjumlah 65 orang, Meninggal 2 orang, Sembuh 20 orang, Dirawat 43 orang.

(Wahyono/RL/Read)