KPA Pohuwato Bagikan Paket Sembako untuk ODHA

ODHA Pohuwato

READ.ID – Menyambut bulan suci ramadan 1442 Hijriah tahun 2021, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) membagikan paket sembako kepada Orang Dalam HIV/Aids (ODHA) di Kabupaten Pohuwato.

Wakil Bupati Suharsi Igrisa juga selaku Ketua Harian KPA Pohuwato di dampingi sekretaris KPA Juli K. Hamza, dan Asisten perekonomian Rusmiyati Pakaya menyerahkan paket sembako secara simbolis di ruang kerjanya, Senin (12/04/2021).

Wabup Suharsi menjelaskan, paket sahur yang diserahkan oleh KPA Pohuwato sangat tepat karena menjelang bulan ramadan yang tinggal sehari lagi.

“ Dengan bantuan ini tentu kami berharap kedepan bantuan-bantuan seperti itu lebih banyak lagi. Selain itu juga dengan harapan insya allah kita terbebas dari HIV/Aids,” jelas Suharsi.

Selaku pemerintah, Wabup Suharsi Igirisa mengucapkan terima kasih kepada KPA yang ada dan begitu peduli kepada yang terdampak ODHA.

Sementara itu Sekretaris KPA Pohuwato, Juli K Hamzah menambahkan perang melawan HIV/Aids membutuhkan kepemimpinan dari pejabat pemerintah, karena HIV/Aids adalah bagian krisis kesehatan yang merupakan ancaman dalam pembangunan bangsa.

Menurutnya, penyerahan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perubahan perilaku yang beresiko pada individu dan kelompok dengan melakukan tranformasi tatanan sosial.

“Paket sembako seperti ini setiap tahun dan menjadi rutin bagi kami di KPA bagi mereka yang terdampak ODHA,” tuturnya.

Juli menambahkan,  penanggulangan HIV/Aids dapat berhasil apabila dilaksanakan secara komprehensif (pencegahan pengobatan dan mitigasi) lintas sektor serta adanya kesungguhan dari semua pihak.

” Dari total 91 ODHA di pohuwato, yang hidup saat ini tersisa berjumlah 54 orang,” pungkasnya.

(Zul/Read)