KPU: Baru 71 Pemda Yang Sepakati Anggaran Pilkada 2024

Anggaran Pilkada 2024

READ.ID – Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan hingga saat ini baru ada 71 Pemerintah Daerah (Pemda) yang menyepakati anggaran Pilkada 2024.

“Update terkahir baru ada 71 Pemda yang telah menyepakati anggaran Pilkada 2024 dan siap menandatangani NPHD, namun yang lain terus berproses,” kata Yulianto Sudrajat, saat ditemui usai pembahasan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 di Provinsi Gorontalo, Minggu (13/8).

Artinya dari total Daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2024, baru ada 71 Pemda yang telah menyepakati anggaran Pilkada, minus DKI Jakarta dan Jogjakarta yang tidak melaksanakan Pilkada.

Sepertinya halnya Pemda di Provinsi Gorontalo yang saat ini masih berproses dan pembahasanya cukup signifikan.

“Tujuan saya datang ke Gorontalo salah satunya soal sejauh mana kesiapan Pemilu dan Pilkada 2024,” ujarnya.

Sudah sejauh mana progres pembahasan anggaran Pilkada 2024 di Enam Kabupaten/Kota dan juga Pemda Provinsi Gorontalo.

Pihaknya mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo dan juga kabupaten/kota, terkait dengan fasilitasi pengusulan anggaran Pilkada, sesuai mandat undang-undang dimana anggaran Pilkada tentu ada APBD dimasing-masing Pemda.

“Secara internal kami juga mendorong kepada jajaran komisioner KPU di Gorontalo, untuk percepatan pembahasan anggaran dengan TAPD masing-masing daerah,” ungkapnya.

Intinya, KPU disemua daerah sudah mengusulkan anggara Pilkada, hanya saja finalisasi akhir dari angka yang diajukan belum final.

Pihaknya juga berharap agar rekan-rekan KPU Provinsi dan juga KPU Kepupaten/Kota harus proaktif untuk mengkomunikasikan pengusulannya dan membahas bersama dengan pemerintah.

Sementara itu untuk Daerah Otonom Baru (DOB) anggaranya sudah selesai dan itu masih dibebankan pada APBN.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version