KPU Gorontalo Berupaya Bendung Hoax Pemilu

READ.ID,- Pihak KPU Provinsi Gorontalo telah membentuk tim untuk menangkal hoax atau berita bohong. Hal itu disampaikan komisioner KPUD, Sophian Rahmola selaku devisi perencanaan data dan informasi, senin (4/2/2019).

Menurutnya, ada upaya untuk mendelegitimasi kepercayaan publik terhadap pihak penyelenggara pemilu, olehnya pihak KPUD Gorontalo membentuk tim tersebut.

“Saat ini begitu banyak informasi hoaks pemilu yang sengaja disebarkan, sehingga kami melakukan langkah taktis untuk mengantisipasi informasi bohong tersebut agar tidak meresahkan masyarakat,” ujar Sophian di Gorontalo.

Sophian menambahkan, tim ini nantinya akan bertugas untuk menyebarkan informasi dan klarifikasi bila ada berita bohong terkait pelaksanaan pemilu yang beredar di media sosial.

Tim ini akan membuat klarifikasi dalam bentuk desain grafis yang dikerjakan oleh tim creator KPU, yang kemudian akan disebar di akun resmi media sosial dan laman KPUD Provinsi Gorontalo dalam kolom “Hoax Pemilu”.

“Selain itu untuk meningkatkan kepercayaan publik, tentu penyelenggara harus menunjukan kinerja yang baik, serta memberikan informasi yang edukatif dalam setiap sosialisasi yang dilakukan oleh KPU,” ujarnya.

Upaya serangan ini tidak hanya persoalan hoax pemilu, Sophian menuturkan ada juga serangan terhadap perangkat KPU serta sistem infrastruktur informasi yang berbasis aplikasi.

Dari hasil bimbingan teknis yang digelar di Surabaya, nantinya akan diterapkan di KPU seluruh Indonesia, utamanya Kabupaten dan Kota terkait sistem informasi (Sidalih) dan keamanan sistem informasi pemilu 2019.****

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.