KPU Gorontalo Klaim Penggunaan Aplikasi Situng 100 Persen Siap

READ.ID, – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Hendrik Imran mengaku pada uji coba ketiga, dalam penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) untuk Gorontalo sudah 100 persen siap dilaksanakan.

“Kami sudah tiga kali melakukan uji coba penggunaan aplikasi, dan Alhamdulillah, bisa dilaksanakan dengan maksimal oleh rekan-rekan operator dilapangan,” kata Hendrik Imran.

Ia mengakui memang ada sedikit kendala namun semuannya tetap berjalan sesuai perencanaan.

Dari segi Sumber Daya Manusian (SDM) sendiri, lanjut Hendrik, KPU se-Gorontalo menyiapkan ada 25 orang tenaga operator tambahan yang direkrut khusus untuk bekerja selama lima hari sampai dengan proses situng selesai.

“Dari kesiapan perangkat yang digunakan, ada 5 mesin scan untuk setiap kabupaten/kota, termasuk perangkat laptop,” ujar Hendrik.

Namun ia menegaskan bahwa, penggunaan aplikasi situng bukanlah menjadi ketetapan KPU dalam menenuntukan hasil perolehan suara. Situng hanya sebagai keterbukaan informasi kepada publik.

“Penetapan hasil penghitungan suara, tetap dilakukan rekapitulasi secara berjenjang mulai dari tingkat bawah, hingga tingkat KPU RI,” tegasnya.

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.