Date:July 13, 2020

KPU: Peran Perguruan Tinggi terhadap Pemilu sangat Penting

Peran Perguruan Tinggi

READ.ID – Anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan peran Perguruan Tinggi sangat penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan politik dimasyarakat.

Jumlah Terpapar Covid-19 Di Gorontalo
POSITIF
363 +2
DIRAWAT
109
SEMBUH
237
MENINGGAL
17
Sumber data : Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Update terakhir : 13 Juli 2020 20:15 WITA

“Perguruan Tinggi harus mengambil bagian pada Pemilu, khususnya terhadap kelompok masyarakat,” kata Pramono Ubaid Tanthowi, saat memberikan kuliah umum di Univesitas Muhammadiyah Gorontalo, Sabtu (2/11).

Menurutnya, salah satu aspek wujudkan Pemilu berintegritas di Indonesia adalah KPU sudah mulai memperbaiki adalah kualitasi penyelenggara, sementara masih banyak aspek penunjang lainnya yang juga harus diperhatikan yaitu salah satunya kelompok masyarakat.

Ia menambahkan, tidak sedikit juga peran Perguruan Tinggi yang mengabaikan urusan penting lainnya yang tidak ada hubungannya dengan lembaga pendidikan.

“Banyak pihak yang menginginkan ada kepedulian atau keterlibatan dari Perguruan Tinggi seperti halnya dalam tatanan demokrasi, yang memerlukan masukan dari lembaga pendidikan,” tegasnya.

Ia menjelaskan, suara kritis yang disampaikan oleh lembaga kampus harus tetap ada, untuk menjaga keseimbangan kepentingan publik.

Dengan harapan suara ataupun masukan dari lembaga kampus belum terlalu jauh atau tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik.

“Berbeda dengan partai, kalau Perguruan Tinggi apa yang disampaikan murni tanpa tendensi politik, tapi jauh melihat kepentingan masyarakat,”Ungkap Ubaid Tanthowi. (F-01/RL/Read.id)