KPU se-Gorontalo Rekrut 330 Relawan Demokrasi

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Provinsi Gorontalo akan merekrut sedikitnya 330 orang dengan sebaran 55 orang setiap Kabupaten/Kota, dan akan bertugas sebagai Relawan Demokrasi untuk Pemilu 2019.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem menjelaskan bahwa, relawan demokrasi ini akan bertugas kurang lebih semala Tiga bulan hingga April mendatang.

“Kami rencanankan akhir Januari ini, mereka semua sudah di ada SK Relawan Demokrasi,” kata Fadliyanto Koem, Kamis.

Menurutnya, tugas Relawan Demokrasi ini, adalah membantu KPU untuk mensosialisasikan tentang kepemiluan, khususnya daerah-daerah yang masih jauh dari akses informasi.

Ia menambahkan, KPU sendiri sudah maping lokasi wilayah-wilayah yang nantinya akan jadi sasaran dari relawan demokrasi untuk memberikan sosialisasi tentang bagaimana itu demorkasi.

“Untuk perekrutan relawan demokrasi, yang pasti mereka tidak bisa berafiliasi dengan partai politik, untuk pendidikan minimal lulusan SMA, dan harus berdomisili berdasarkan wilayah tempat kerja mereka nanti,” jelasnya.

Sistem rekrtumen dua segeman, yaitu wilayah, dan kedua adalah basis yang berdasarkan karakteristik pemilih, pemilih pemula, pemilih perempuan, basis keluarga, disabilitas dan lainya.

Intinya, mereka harus mampu mensosialisasikan tentang kepemiluan dan mampu menjadi menjadi viar demokrasi diwilayah masing-masing.****

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.