Langkah Strategis BKSU di Pertemuan Festival Pesona Saronde 2021

Langkah Strategis BKSU

READ.ID – Ada tiga langkah strategis yang diusulkan pada pertemuan Badan Kerjasama Utara-utara (BKSU) yang berlangsung di Pulau Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara, dalam rangkaian Festival Pesona Saronde 2021.

Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengatakan tiga langkah strategis yaitu, menyangkut kajian mendalam dan holistik tentang BKSU Integrated Toursm (BIT).

“Dokumen perencanaan /kerja sama kawasan BIT (regulasi, desk BIT, masterplan, roadmap dan pendanaan). Serta promosi bersama dan supporting event each other,” kata Thariq Modanggu, Sabtu (18/9).

Menurutnya konsep ini juga sudah diminta oleh Sekjen BKSU untuk dikembangkan kemudian akan ditindaklanjuti pada pertemuan di dinas-dinas pariwisata dan Bappeda dari keempat daerah.

BKSU terdiri dari empat Kabupaten yaitu, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo, Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara, dan Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah.

BKSU sendiri mempunyai fungsi, yaitu melakukan koordinasi di bidang perencanaan ekonomi, sosial budaya kemasyarakatandi wilayah utara Sulawesi.

Meningkatkan kerjasama antara Daerah Kabupaten di wilayah utara Sulawesi dengan daerah lainnya tingkat regional, nasional serta internasional di bidang ekonomi, sosial budaya dan kemasyarakatan.

Mendorong kerjasama pembangunan ekonomi, sosial, budaya, kemasyarakatan, keamanan dengan pemerintah pusat.

Meningkatkan kerjasama ekonomi/investasi dengan negara-negara sahabat melalui misi kerjasama antar pemerintah daerah, pemerintah pusat atau antar pengusaha. (Rully)