Legislator Gorontalo Utara Matran Lasunte Terima Aspirasi Warga Milango

Matran Lasunte
READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut) Matran Lasunte menerima aspirasi disampaikan oleh warga Desa Milango, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara, pada pelaksanaan reses masa sidang ketiga tahun 2021.
Matran Lasunte mengatakan, aspirasi yang disampaikan warga itu diantaranya pembangunan tanggul, normalisasi sungai dan jembatan tani.
“Jadi kenapa saya turun di Milango, karena desa ini adalah wilayah yang rawan ketika hujan dengan intensitas yang cukup tinggi turun, maka terjadilah banjir,” kata Matran, Selasa (31/8/2021).
Matran mengaku, masalah normalisasi sungai milango sampai saat ini masih menjadi hal yang paling sering disuarakan, karena melihat dari banjir yang terjadi selama ini tentu berdampak pada kondisi sungai yang ada di desa tersebut.
“Kondisi sungai juga sangat mempengaruhi terjadi banjir, jika kondisi sungai sudah dangkal, maka tentunya tidak mampu lagi menampung debit laju air ketika intensitas hujan yang cukup tinggi, sehingga perlu untuk dilakukan normalisasi sungai” tegas Matran Lasunte.
Selain masalah normalisasi, lanjut Matran juga untuk soal tanggul, dimana sangat diperlukan juga ketika intensitas curah hujan yang cukup tinggi.
“Tentu tanggul tersebut memiliki fungsi sebagai penahan air, dan masyarakat setempat sangat membutuhkannya jelasnya.
Dan yang terakhir kata Matran Lasunte jembatan tani. Jika selama ini yang diaspirasikan terkait dengan jalan tani, maka kali ini masyarakat menyuarakan aspirasi jembatan tani yang ada di desa tersebut yang digunakan oleh masyarakat selama ini ketika akan beraktivitas di areal perkebunan.
“Masyarakat tentu tidak akan menyuarakan jika tidak membutuhkan, dan jembatan tani tersebut merupakan akses yang setiap harinya dilintas oleh warga dan pastinya keberadaan jembatan tani tersebut sangat menunjang aktivitas pertanian masyarakat,” tandasnya. (Rully)