Tanggapan Ariyati Polapa Terkait Usulan Status RSUD Zus Jadi BLUD

RSUD Zus

READ.ID – Anggota DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa angkat bicara perihal usulan peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Umar Sidiki (RSUD ZUS) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Menurutnya, meskipun peningkatan status sangat penting, namun perlu memperhatikan beberapa instrumen yang harus dipenuhi pihak RSUD ZUS baik dari sisi pembiayaan, Sarana Prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM).


banner 468x60

“Sehingga perlu dicatat saprasnya itu apakah memenuhi kriteria sebagai BLUD atau tidak. Apakah hasil penilaian dari tim kementerian kesehatan sendiri memenuhi syarat atau tidak,” ujarnya.

Ariyati mengatakan dalam peningkatan status rumah sakit tentu instrumen pembiayaan sangat diperlukan sehingga daerah menawarkan insentif yang lebih besar khususnya dalam membiayai para dokter.

“Gorut mana? lebih kecil, yang ada nilai jual kita di bawah. Kalaupun ada yang datang, itu hanya karena iklas bekerja. Baru dokter saja kita kalah bersaing,” tegasnya.

Lanjut Ariyati dalam meningkatkan pelayan Rumah Sakit, ada banyak hal yang perlu diformulasikan untuk kemudian endingnya ini bisa beralih status.

“Sehingga ketika DPRD diminta untuk mendorong hal ini, tentu tidak bisa asal main seruduk begitu saja. Semua ada aturannya ataupun Standar Operasional Prosedur (SOP),” tukasnya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90