Mahasiswa KKNT UNG Beri Pelatihan Pembangunan Desa Berkelanjutan

KKNT UNG

READ.ID – Mahasiswa kuliah kerja nyata tematik (KKNT) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memberikan platihan pembangun desa berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) melalui workshop di Desa Potanga dan Gandasari, Senin (11/10/2021).

Workshop tersebut, bertemakan Manajemen Daya Saing Pemerintah Desa Menuju Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang sesuai dengan Program Desa Potanga dan Desa Gandasari.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Desa, Agus Paramata, M.Pd, pasca memberikan materi pada kedua workshop tersebut.

“Sebelumnya, kami juga telah melakukan sosialisasi terkait tujuan pembangunan berkelanjutan kepada warga desa, dan itu hasilnya desa bisa melihat untuk perancanaanya,” beber Kabid Pemberdayaan Desa.

Misalnya, Kata Kabid Pemberdayaan Desa, di tahun 2022 bisa di inventarisir apa yang menjadi peretas untuk daya saing desa yang ada hubungannya dengan pembangunan dan ditopang dengan adanya anggaran dana desa, yang sudah ada regulasinya.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNG Dr. Arwildayanto, M.Pd, juga menegaskan bahwa workshop tersebut memang di peruntukkan bagi aparat desa menuju pembangunan berkelanjutan (SDGs).

“Jadi aparat desa diharapkan memiliki tata kelola desa yang memiliki daya saing bagus, dalam menggunakan segenap potensi desa. Sehingga desa bisa berkemajuan dalam melakukan pembangunan secara berkelanjutan,” pungkas Dekan FIP UNG.