Mahasiswa UNG Inisiasi Bentuk Klinik Pelayanan Publik di Desa Molas

Desa Molas

READ.ID – Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik “Desa Membangun” berinisiasi membangun sebuah Klinik Pelayanan Publik di Desa Molas  Kecamatan Bongomeme.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Yacob Noho Nani, S.Pd.,M.Si, mengungkapkan, pembangunan Klinik Pelayanan Publik itu guna untuk pembentukan dan pengelolaan model kelembagaan pelayanan publik ditingkat bawah dan atau masyarakat desa.

“Ini juga sebagai sarana aspirasi bagi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masayarakat  di Desa Molas Kecamatan Bongomeme” ungkap Yacob Nani

Selain membangun klinik pelayanan publik, mahasiswa UNG juga membentuk organisasi pengelolaan untuk klinik tersebut guna untuk memaksimalkan peran klinik pelayan publik itu.

Yacob Nani mengatakan, dalam kegiatan pengabdian klinik pelayanan publik akan dilakukan pemberian pengetahuan yang disertai dengan praktek, pelatihan pembentukan dan pengelolaan klinik pelayanan publik yang dilakukan mahasiswa bersama pemerintah dan masyarakat desa.

“Tahapan yang dilakukan antara lain melalui sosialisasi tentang pentingnya kelembagaan klinik pelayanan publik, kemudian pembentukan dan pengisian perangkat organisasi klinik pelayanan publik. Setelah itu akan dilakukan pendampingan tugas dan fungsi kelembagaan serta manajemen organisasi klinik pelayanan publik” ucap Yacob

Target akhir dari program KKN Tematik desa membangun program MBKM mandiri proyek desa yakni, terbentuknya organisasi klinik pelayanan publik di desa Molas sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat nilai budaya dan eksistensi kelembagaan klinik pelayanan publik

“Target lain dari program ini untuk terwujudnya pelayanan publik secara transparan dan berkualitas serta terjangkau pada level bawah yakni Desa” pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version