Mardan Umar: Desa Busato Perlu Perhatian Jaringan Telekomunikasi

Mardan Umar

READ.ID – Mardan Umar menyebut Desa Busato, Kecamatan Pinogaluman perlu perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengenai jaringan telekomunikasi.

“Sebagai area paling utara Kabupaten Bolmut serta Sulawesi Utara, sudah sepantasnya mendapat perhatian khusus,” ujarnya pada media ini, Sabtu (13/03/2021).

Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmut ini keterbatasan jaringan telekomunikasi membuat masyarakat Desa Busato ketinggalan informasi publik.

Dikatakannya, untuk menunjang perbaikan infrastruktur, bukan hanya Jalan raya, tetapi tak terkecuali jaringan telekomunikasi juga.

Terlebih sekarang sudah serba Informasi Technologi (IT) yang berbasis jaringan Internet. Belum lagi sistem pembelajaran di situasi pandemi Covid-19 ini yang menggunakan sistem pembelajaran melalui daring.

“Di sini (Desa Busato) tak bisa diterapkan. Jadi, bantuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk paket kuota belajar tak berfungsi sama sekali bagi siswa/siswi di sini,” ucapnya.

Menurut  Mardan Umar, jika pendirian tower jaringan telekomunikasi bisa terealisasi di Desa Busato, maka desa-desa tetangga juga akan ikut menikmati fasilitas tersebut.

Wilayah tetangga itu yakni Desa Batu Bantayo, Padango, dan Desa Kayuogu, Kecamatan Pinogaluman.

“Begitupun Desa Buata yang menjadi batas antara Provinsi Sulut dan Gorontalo. Jadi, kalaupun kebutuhan utama pembangunan/pendirian suatu tower telekomunikasi harus berdasarkan pengguna, saya rasa desa ini sudah memenuhi syarat,” jelas Mardan yang merupkan Anggota Komisi I DPRD Bolmut.

Terpisah, Kepala Seksi Saiful Djenaan menyampaikan pihaknya telah mengusulkan beberapa titik wilayah yang perlu dibangun menara telekomunikasi.

“Dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah mengusulkan 6 titik yang akan didirikan menara telekomunikasi. Sebagaimana menyesuaikan dengan kondisi wilayah tersebut, serta dengan mempertimbangkan prasyarat untuk memenuhi klasifikasi pendirian tower,” tutur Saiful.

Saiful menerangkan bahwa setiap titik yang akan diusulkan pendirian menara harus memenuhinya kriteria.

“Adapun yang disuarakan oleh Pak, Mardan, khususnya Desa Busato dan desa yang bersebelahan, itu sudah masuk di titik yang kita usulkan ke pihak telkom. Jadi, sesuai usulan, titiknya di Desa Kayuogu, dengan cakupannya di 3 desa, yakni Desa Batu Bantayo, Padango, dan Desa Busato,” terang Om Lui sapaan akrabnya.

Dikatakannya, sebagai salah satu penunjang kebutuhan masyarakat, khususnya jaringan telekomunikasi, sudah sewajarnya memang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah.

(SVG)