Masyarakat Bolmut Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem

READ.ID – Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) diimbau agar mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini.

Hal ini disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmut sejak Kamis kemarin, Pukul 08.00 Wita dan berlaku sampai Jumat, 13 Januari pukul 18.00 Wita.

Berdasarkan data satelit pada jam 07.40 UTC (15.40 Wita), terpantau adanya awan Cumulunimbus (awan hujan) menutupi wilayah Manado, Bitung, Kotamobagu, Minahasa Tenggara, dan Minahasa Selatan.

Kemudian Kabupaten Bolmong, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, dan sebagian wilayah Minahasa Utara serta Bolmong Utara. Angin kencang juga terpantau terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

Laporan BPBD Bolmut juga terdapat tiga kecamatan yang menjadi basis terdampak hujan lebat disertai angin kencang sejak kemarin.

Oleh karena itu, masyarakat diminta agar lebih waspada dan siaga terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi pada sebagian besar wilayah Sulut, lebih khusus 3 kecamatan yang ada di Bolmut.

“Untuk wilayah kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Kaidipang, Pinogaluman, dan Bolangitang Barat, diharapkan agar berhati-hati terhadap perubahan cuaca yang akan terjadi sampai esok hari seperti angin kencang dan curah hujan yang tinggi. Dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor serta pohon tumbang,” imbau BPBD.

Pihak BPBD mengharapkan kepada seluruh masyarakat bisa meneruskan informasi ini sehingga bisa menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat.

Diketahui, akibat angin kencang yang terjadi pada Kamis, 12 Januari 2023 kemarin, sejumlah pohon tumbang di Kecamatan Kaidipang mengenai beberapa rumah dan ternak milik warga.

Sementara itu, di Desa Ollot, Kecamatan Bolangitang Barat, tenda resepsi pernikahan hancur akibat diterjang hujan yang disertai angin kencang.

(Aden/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60