Marten Taha Sebut HB Jassin Layak dan Pantas Jadi Pahlawan Nasional

HB Jassin

READ.ID – Wali Kota Marten Taha menyampaikan dukungan usulan terhadap Hans Bague (HB) Jassin, sebagai calon Pahlawan Nasional.

Hal ini disampaikan Wali Kota Gorontalo, saat melakukan audensi dengan pihak Kampus Universitas Gorontalo bersama tim, di rumah jabatan Wali Kota, Senin (10/1/2022).

Menurut Wali Kota sendiri, ada beberapa pertimbangan yang dapat dijadikan sebagai dasar pengusulan tersebut. Diantaranya, sosok HB Jassin dijuluki sebagai tokoh sastra Indonesia yang sudah punya nama di Internasional.

“Serta, HB Jassin juga pernah memperoleh penghargaan Magsaysay dari Filipina, juga merupakan tokoh yang sudah mewarnai kesastraan di Republik Indonesia ini”, ucap Wali Kota.

Disamping itu, kata Wali Kota, fakta dan data pun juga ada, misalnya berdasarkan SK Walikota perpustakaan Kota Gorontalo itu bernama HB Jassin.

“Juga SK Perda maupun Perwako dalam penamaan fasilitas umum seperti jalan, bernama HB Jassin telah ada”, jelas Wali Kota.

Untuk itu, Wali Kota meminta kepada para akademisi, praktisi, birokrasi, politisi, pemerintah daerah, kalangan masyarakat adat, para pemuka agama, untuk bersatu menyuarakan bersama-sama, kiranya di dengar ditingkat nasional.

“Mengingat, daerah Gorontalo baru hanya ada satu Pahlawan Nasional, yaitu pak Nani Wartabone, yang merupakan tokoh pejuang kemerdekaan”, tegas Wali Kota.

Untuk itu, Wali Kota menekankan bahwa, HB Jassin sangat pantas dan layak menerima predikat sebagai Pahlawan Nasional, pesannya.

(Rinto/Read)