Ma’ruf Amin Dukung Pengembangan Vaksin Dalam Negeri

READ.ID – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin, mendukung sepenuhnya pengembangan vaksin nasional buatan dalam negeri, agar tidak lagi mengandalkan vaksin impor.

Hal ini, disampaikan Ma’ruf Amin, dalam acara Studium Generale Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surabaya l, melalui video conference, bertempat di kediaman resmi wakil presiden di Jakarta, Sabtu (28/8/2021).

Dirinya mengatakan, pihak pemerintah sampai dengan hari ini, terus mendorong pengembangan vaksin nasional.

“Pemerintah juga, terus mendorong pengembangan vaksin nasional buatan dalam negeri, agar tidak hanya mengandalkan vaksin impor,” kata Ma’ruf, dilansir dari tirto.id.

Vaksin nasional buatan dalam negeri yang sementara dalam pengembangan ada dua macam. Di antaranya, Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih.

Selanjutnya, kata Ma’ruf, saat ini Pemerintah telah memasang target untuk produksi vaksin buatan dalam negeri, dan obat-obatan untuk penanganan Covid-19.

“Pemerintah  telah menargetkan di masa mendatang, dapat memproduksi vaksin, maupun obat-obatan lainnya, ini sebagai bentuk kemandirian bangsa di bidang kesehatan masyarakat,” bebernya.

Diketahui, saat ini vaksinasi telah menjadi salah satu hal yang diprioritaskan oleh pemerintah RI.

Dengan vaksinasi, pemerintah RI ingin membentuk herd immunity, sedikitnya 70 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Selain itu, Ma’ruf juga mengungkapkan, tujuan pelaksanaan vaksinasi, adalah untuk mengurangi kasus penularan dan menekan angka kematian, terhadap penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi juga ditargetkan untuk dapat mewujudkan herd immunity, sekaligus melindungi masyarakat dari Covid-19, agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” tandasnya. (Nurhidayanti)