Melalui ASEAN Mayors Forum, Marten Taha Siap Promosikan Potensi UMKM dan Pariwisata Kota Gorontalo

Marten Taha

READ.ID – Wali Kota Marten Taha mengemukakan, bahwa pada kegiatan event Internasional ASEAN Mayors Forum (AMF) mendatang, pihaknya akan mempromosikan potensi yang dimiliki Kota Gorontalo.

Menurut Wali Kota, kegiatan yang direncanakan pada tanggal 6 sampai 7 Oktober 2022 ini, akan dimanfaatkan untuk mempromosikan apa yang menjadi potensi Kota Gorontalo. Baik itu disektor UMKM, parawisata, dan sektor lainnya.

“Tentunya, sebagai salah kota yang ada di Pulau Sulawesi, kita memiliki banyak potensi. Terutama, dalam mempromosikan potensi disektor UMKM, parawisata, dan sektor lainnya,” ungkap Wali Kota Marten Taha.

Dikatakan Wali Kota, pada momentum ini pula, juga akan dijadikan sebagai wadah untuk menimba ilmu.

Diantaranya, kata Wali Kota, tentang cara mengatasi angka pengangguran dan angka kemiskinan di Kota Gorontalo. Mengingat, salah satu penyebabnya adalah banyaknya warga dari pedesaan datang ke Kota Gorontalo untuk mencari pekerjaan.

Wali Kota pun menjelaskan, jika tema dari AMF ini adalah mencapai urbanisasi cerdas. Sehingga, yang menjadi pembahasan utamanya adalah tentang urbanisasi atau masyarakat dari desa pindah ke kota.

“Olehnya, kita tidak bisa menghindarinya, bahkan menolak mereka”, ujar Wali Kota.

Bagi Wali Kota sendiri, yang harus di lakukan yakni mengelolanya dengan baik biar menjadi potensi, yang pada akhirnya bisa menjadikan Kota Gorontalo sebagai daerah yang tangguh.

Lebih lanjut, AMF ini pun akan dimaksimalkan Pemerintah Kota Gorontalo, sebagai ajang untuk sharing dengan pemerintah kita se ASEAN.

“Termasuk menguatkan hubungan antar kota dalam rangka mengakselerasi urbanisasi cerdas”, tegas Wali Kota.

Nantinya, Wali Kota berharap untuk Kota Gorontalo dapat membangun kerjasama dengan kota-kota lain, utamanya membangun Sister City.

“Mengingat, anggaran terbatas, maka kita manfaatkan saja kota yang ada di ASEAN ini”, pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60