Tanggal09/12/2019

Menpar Dorong Pemerintah di Gorontalo Berikan Insentif Penerbangan

Insentif Penerbangan

READ.ID – Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong pemerintah daerah di Provinsi Gorontalo untuk mengambil kebijakan memberikan insentif penerbangan,  untuk menaikkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) di daerah itu.

“Berikan insentif penerbangan dari Manado ke Gorontalo, dengan memanfaatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ada di Manado,” kata Arief  Yahya, saat dialog dengan kepala daerah se-Provinsi Gorontalo, di Grand Q Hotel, Sabtu.

Kalau menggunakan perjalanan via darat, itu tentu tidak mungkin, karena memakan waktu 7 sampai 8 jam, namun kalau menggunakan penerbangan, itu sangat memungkinkan.

Menteri menjelaskan, kalau misalnya di Manado ada sekitar 100 ribu wisman, 10 persen dari itu dari 10 juta USD bisa dibawa ke Gorontalo.

“Msalnya paket perjalanan mereka 7 hari, maka 4 hari mungkin di Manado, dan 3 hari di Gorontalo,”Jelas Menteri.

Namun dari awal sudah disiapkan paket perjalanannya Manado dengan tambahan paket perjalanan ke Gorontalo.

Menurutnya, sebelumnya paket perjalanan wisman ke Bali, itu tambahanya adalah paket perjalanan ke Lombok, ada juga Bali bonus tambahan perjalanan adalah Manado.

“Awalnya seperti itu, dan itu tidak ada masalah,”Tegas Arief Yahya.

“Kalau Gubernur berikan insentif penerbangan terutama wujudnya ada di luar, pasti kita akan bantu, misalnya tour dari Cina tujuan Manado plus Gorontalo,” Papar Menteri.

Dengan memberikan insentif kepada penerbangan, lanjut Menteri, itu sesuatu yang lazim, dan Kementerian Pariwisata pun melakukan itu.

“Terkait dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan pemasaran kita akan bantu,”Tutup Menteri. (F-01/RL/Read.id)