Menteri PPN / Kepala Bappenas Tegaskan Kemiskinan Masalah Utama Sulawesi

READ.ID,- Menteri PPN / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa masalah utama di pulau Sulawesi adalah angka kemiskinan yang berada di atas angka kemiskinan nasional.

Bambang menuturkan, untuk menangani persoalan kemiskinan tersebut, pihakanya meminta kepada pemerintah daerah di Pulau Sulawesi untuk fokus tiga hal yaitu, bantuan sosial yang tepat sasaran, menciptakan lapangan kerja, serta memberi kemudahan dalam berusaha.

“ Mendorong investasi juga menjadi strategi dalam menurunkan kemiskinan. Jika investasi tumbuh, perekonomian daerah turut tumbuh, lapangan kerja terbuka, dan dampaknya kemiskinan pasti akan menurun,” tandasnya.

Hal ini dikemukakan Bambang, saat menutup Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi, di Hotel Sintesa Peninsula, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (1/ 4/2019).

Sementara itu menurut Bambang, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi memiliki kemiripan dalam kepemilikan kekayaan sumber daya alam. Namun stabilitas pertumbuhan ekonomi terutama dalam jangka waktu panjang, ternyata hanya Sulawesi yang relatif pertumbuhannya stabil dan tinggi.

“ Sumatera dan Kalimantan meski pertumbuhannya tinggi, tetapi sangat rentan jika terjadi krisis harga komoditas turun, dampaknya langsung terasa, dan itu tidak terjadi di Sulawesi, ”ungkap Bambang.***

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *