Tanggal07/06/2020

Milenial Gorontalo Siapkan 13 Ribu Lampu Botol Untuk Perayaan Tumbilotohe

READ.ID,- Ketua Rema Muda Al-Hidayah, Jasmin Yusuf mengatakan bahwa dalam menyambut Tradisi Tumbilotohe yang biasa dirayakan pada malam 27 ramadhan itu, generasi milenial di Kelurahan Dulalowo Timur, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo telah menyiapkan sekitar 13 ribu lampu botol.

Jumlah Terpapar Covid-19 Di Gorontalo
POSITIF
134 +8
DIRAWAT
74
SEMBUH
54
MENINGGAL
6
Sumber data : Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Update terakhir : 5 Juni 2020 20:00 WITA

Menurut Jasmin, ia bersama kawan-kawannya serta masyarakat setempat sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan segala perlengkapan dalam menyambut tradisi yang sudah ada di Gorontalo sejak pada abad silam ke-16 itu.

“Kurang lebih sepuluh hari menjelang ramadhan kami sudah persiapkan. Mulai dari sisi administasi (Proposal), Botol Bernergi, Sumbu maupun juga lahan sawah yang akan dipatok Tumbilotehe dengan menggunakan Pohon Bambu yang sudah didesain,” ujar Jasmin saat ditemui dilokasi Perayaan Tumbilotohe di Jln Arif Rahman Hakim, Kamis (30/5/2019) malam.

Sementara itu, ia menjelaskan total anggaran dalam perayaan tumbilotohe itu sekitar Rp20 Juta merupakan partisipasi masyarakat, begitupun 5 drum minyak tanah yang nanti menjadi bahan bakar pada lampu tradisional tersebut.

Ia pun mengingatkan kepada generasi milenial untuk terus mempertahankan Tradisi Tumbilotohe. Sebab jika tradisi tersebut dihilangkan maka akan hilang pula warisan yang sudah ada secara turun-temurun di Gorontalo itu. (Aprie/RL/Read)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *