Mucksin Brekat Imbau Dinas Kesehatan Lakukan Pengawasan Depot Air Minum Isi Ulang di Kota Gorontalo

Pengawasan Depot Air Minum Isi Ulang

READ.ID – Pemerintah Kota Gorontalo diminta untuk terus melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap kualitas air, yang ada di seluruh depot isi ulang air minum yang ada di Kota Gorontalo.

Permintaan disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Gorontalo Mucksin Brekat, yang ditujukkan kepada pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Kesehatan, yang memiliki kewenangan dalam melakukan hal tersebut.

Mucksin menyebut, bahwa hal ini sangat perlu untuk dilakukan demi memastikan air minum yang dijual dan akan dikonsumsi oleh masyarakat, benar-benar aman dan sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan.

Terlebih, menurut Mucksin, saat ini hampir tidak ada lagi masyarakat yang mengonsumsi air minum yang dimasak hingga mendidih seperti jauh sebelumnya.

“Sebab, hampir semua masyarakat telah beralih pada air isi ulang untuk kebutuhan minum, bahkan memasak”, kata Mucksin.

Dirinya menjelaskan, konsumsi air merupakan hal paling utama bagi setiap orang, sehingga diperlukan pengawasan yang lebih intensif.

Ia menambahkan, untuk menjamin air minum yang dijual betul-betul steril, tidak terkontaminasi oleh bakteri atau virus dan lain sebagainya, sehingga pemerintah Kota Gorontalo wajib seriusi hal yang menjadi penting ini.

Meski demikian, pihaknya mengakui, bahwa, Pemerintah Kota Gorontalo selama ini terus melakukan pengawasan.
Namun, upaya pengawasan ini hanya dilakukan pada depot air minum yang memiliki izin usaha, sementara jumlah yang baru sekitar 40 saja.

Ia pun menilai, jika jumlah itu kemungkinan tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Baginya, apabila setiap kelurahan terdapat dua depot air minum saja, maka total depot air minum di Kota Gorontalo bisa mencapai 100. Sementara itu, di Kota Gorontalo sendiri terdapat 50 kelurahan.

“Tentunya, hal Ini bukan sekadar perizinan atau PAD, tapi lebih pada persoalan pengawasan”, tandasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90