Nelson Jelaskan Langkah Taktis Bencana di Kabupaten Gorontalo

Bencana Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Bupati Nelson Pomalingo, menjelaskan langkah yang diambil pemerintah, untuk mentaktisi bencana alam yang sudah satu minggu terakhir ini melanda Kabupaten Gorontalo.

“Kita kena bencana ini ada dua, bencana non-alam yakni Covid-19, dan bencana alam banjir bandang, yang diakibatkan curah hujan yang tinggi karena adanya perubahan iklim, dan dikarenakan saluran-saluran kita kurang baik dan ada kerusakan,” ucap Nelson.

Menurut Nelson, untuk mentaktisi bencana banjir bandang di Kabupaten Gorontalo tersebut pihaknya akan melakukan tindakan jangka pendek, yakni dengan memberikan bantuan yaitu makanan dan membersihkan sisa-sisa sampah banjir.

“Jangka menengah, kami akan mengusulkan pengidentifikasian kerusakan-kerusakan, dan ini kita koordinasikan dengan badan bencana di pusat, untuk dapat dianggarkan perbaikannya,” beber Nelson.

Kemudian untuk jangka panjang, imbuh Nelson, pihaknya akan melakukan perencanaan yang komprehensif, yaitu untuk memperbaiki drainase-drainase yang ada di Kota Limboto. Karena menurut Nelson, bahwa drainase di Kota Limboto tidak bagus.

“Saya sudah bilang di Pekerjaan Umum (PU), kemudian jembatannya juga disesuaikan, tanggul-tanggul juga di perbagus, serta tata ruangnya,” ujar Bupati Gorontalo itu.

Selanjutnya, ujar Nelson, untuk wilayah hulu harus diperbaiki. Olehnya, Nelson sudah meminta kepada dinas terkait, untuk memberbaiki itu, sehingga untuk ekonomi tetap berjalan dengan baik.