Nilai SAKIP Provinsi Gorontalo naik, Menunjukkan Baiknya Penyelenggaraan Pemerintah

READ.ID,- Penghargaan dari Menteri PANRB Syafruddin kepada Sekretaris Daerah Darda Daraba yang mewakili Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, setelah resmi diumumkan nilai (SAKIP), bertempat di Four Points, Makassar, Selasa (19/2/2019), merupakan hal yang baik bagi pemerintah Provinsi Gorontalo.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo meraih nilai 63,22 dengan predikat B. Hasil itu naik tiga poin dari tahun 2018 lalu yang hanya mengumpulkan nilai 60,21 dengan predikat yang sama.

Darda menjelaskan, predikat B menunjukkan bahwa tingkat evektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi hasil berjalan dengan baik.

“Ada lima indikator yang dinilai yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja. Alhamdulillah empat dari lima poin itu kita naik cukup signifikan, hanya pada evaluasi kerja turun 0,3 dari sebelumnya 7,19 jadi 7,16,” beber Sekda.

Lebih lanjut Darda menjelaskan, tujuan dari evaluasi ini untuk mengukur tingkat akuntablitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government).***

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.