Pantai Botu Didingga Gorontalo jadi Pusat Rukyatulhilal 1 Ramadan

READ.ID – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo akan menggelar Rukyatulhilal awal bulan Ramadan 1442 Hijriah pada tanggal 12 April 2021.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo melalui Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Suleman Tongkonoo, Jumat (09/4/2021).

Ia pun mengungkapkan, pengamatan Hilal (bulan sabit muda) ini akan dilaksanakan di Pantai Wisata Botu Didingga, Desa Dambalo, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara.

“Sidang Isbat penetapan 1 Ramadan 1442 Hijriah dilaksanakan pada tanggal 12 April 2021,” tutur Suleman.

Di hari yang sama juga, kata Suleman, Kanwil Kemenag Gorontalo bersama pihak terkait akan melaksanakan Rukyatul Hilal sebagai bahan laporan pada sidang itsbat.

“Semua hasil pemantauan kami bersama stakeholder terkait, akan dituangkan dalam laporan resmi yang akan dikirimkan ke Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI. Selanjutnya akan dibahas dalam Rapat Sidang Isbat,” tambahnya.

Perlu diketahui juga, berdasarkan data Tim Hisab Rukyat Kanwil, posisi ijtimak/konjungsi pergantian bulan baru terjadi pada hari Senin tanggal 12 April 2021, pukul: 10:30:44 WITA.

Besar azimut hilal adalah 276 derajat 37 menit UTSB dan azimut matahari adalah 278 derajat 51 menit UTSB. Sedangkan ketinggian hilal adalah 2 derajat 58 menit di atas ufuk.

(Rinto/Read)