Pekerja Seni dan Pelaku UMKM Minta PPKM Gorontalo Tidak di Perpanjang

READ.ID - Pekerja Seni dan UMKM meminta kepada DPRD Provinsi untuk tidak lagi perpanjang PPKM di Gorontalo.

READ.ID – Pekerja Seni dan UMKM meminta kepada DPRD Provinsi untuk tidak lagi perpanjang PPKM di Gorontalo.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo Espin Tulie menegaskan siap menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan Aliansi Pekerja Seni dan UMKM, terkait dampak Covid-19 dan PPKM di Gorontalo yang diberlakukan oleh pemerintah.

Sebelumnya, kata Espin, para pekerja seni dan pelaku UMKM ini menyampaikan keluhan terkait dampak yang dirasakan oleh mereka, akibat ditutupnya tempat usaha hiburan pada waktu malam hari. Sebab, dengan berlakunya PPKM level 3 ini, tempat usaha hiburan yang menjadi tempat mata pencaharian mereka, dibatasi jam operasionalnya.

Sehingga, pendapatan yang diperoleh para pekerja seni dan UMKM ini, tidak lagi mencukupi kebutuhan ekonomi. Bahkan, mereka pun meminta kompenisasi ataupun bantuan dari pemerintah, yang terkena dampak dari pelaksanaan PPKM ini.

Kendati begitu, para pekerja seni ini pun turut mengusulkan beberapa hal kepada pemerintah, agar memperoleh kelonggaran pada pelaksanaan PKKM Gorontalo.

Mulai dari usulan agar kegiatan vaksinasi bagi pengunjung cafe atau restoran. Serta tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Mengingat, para pekerja seni ini, paling banyak bekerja pada malam hari, jelasnya.

“Tentunya, ini adalah usulan yang baik, karena para pekerja seni menginginkan kelonggaran pada kondisi PPKM sekarang,” ungkap Espin Tulie, Senin (13/9/2021).

Untuk menindaklanjuti keluhan ini, Espin menjawab, pihaknya akan melakukan koordinasi dan menyampaikan kepada pihak pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo.

Terakhir, Espin mengungkapkan, akan melakukan koordinasi dan mengundang satuan tugas (satgas) covid-19 di tingkat Provinsi Gorontalo dan Kota Gorontalo. Termasuk, melakukan koordinasi dengan Forkopimda, mulai dari satgas ini ada TNI, polri, Dikes, BPBD, dan sebagainya.

“Harapan mereka adalah melakukan kolaborasi dengan pemerintah bisa diwujudkan dengan tidak mengabaikan prosedur kesehatan yang ada,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Aliansi Pelaku Seni dan UMKM Provinsi Gorontalo Hamzah Ahmad Moses menolak pelaksanaan PPKM ini diperpanjang. Alasannya, kata Hamzah, PPKM ini sudah sangat mempengaruhi kehidupan ekonomi para pekerja seni.

“Untuk itu, kami dari Aliansi Pelaku Seni dan UMKM Provinsi Gorontalo, secara tegas meminta kepada pemerintah daerah supaya tidak lagi memperpanjang PPKM,” tegas Hamzah. (Rinto/Read)