Pemerintah Provinsi Gorontalo Gelar Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Hari Kesehatan Nasional

READ.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Kesehatan menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Gedung Grand Sumber Ria, Kota Gorontalo, Jumat (12/11/2021).

Tema peringatan HKN ke-57 tahun 2021 “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dalam sambutannya pada kegiatan itu mengatakan, tema tersebut menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran kesehatan di Provinsi Gorontalo untuk memprioritaskan penanganan pandemi COVID-19 dengan maksimal agar Gorontalo terus bangkit dan tumbuh perekonomiannya.

Idris Rahim mengungkapkan, pandemi COVID-19 yang melanda Gorontalo sejak tahun 2020 telah mempengaruhi seluruh sendi-sendi kehidupan.

“Pada awal pandemi COVID-19 tahun 2020, pertumbuhan ekonomi kita terpuruk dan terkontraksi sebesar -2,97 persen. Ini berlangsung terus hingga triwulan satu tahun 2021 dan mulai membaik pada triwulan kedua. Insya Allah dengan penanganan COVID-19 yang kita lakukan bersama dan saling bahu membahu, pandemi akan berakhir dan ekonomi kita bangkit kembali,” kata Idris Rahim.

Lebih lanjut Idris Rahim menuturkan, banyak keberhasilan yang telah dicapai dalam pembangunan di bidang kesehatan.

Namun demikian kata Wagub Idris, masih banyak pula permasalahan di bidang kesehatan yang harus dituntaskan bersama, seperti angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi, kasus gizi buruk, dan stunting.

“Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini harus menjadi momentum bagi kita semua untuk menangani permasalahan kesehatan dan pandemi COVID-19 secara komprehensif,” ujar Wagub Idris Rahim.

Dalam rangka memperingati HKN ke-57, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya peluncuran Desa Eliminasi TB dan pelayanan percepatan vaksinasi COVID-19 di wilayah kabupaten/kota, menyalurkan bantuan bahan pokok dan pakaian layak pakai kepada korban bencana alam, serta seminar kesehatan.

Pada puncak peringatan HKN ke-57 itu, Wagub Idris Rahim menyerahkan berbagai penghargaan kepada tenaga kesehatan, Forkopimda, dan relawan lintas sektor yang telah mendukung pelaksanaan program kesehatan.