Pemkab Gorontalo dan BPS Gelar Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Bupati Gorontalo Menjadi Narasumber pada sosialisasi sensus penduduk 2020 dan satu data Indonesia. (Foto Humas Pemkab Gorontalo)

banner 468x60

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), menggelar sosialisasi sensus penduduk 2020 dan satu data Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Kasmat Lahay, Kamis (05/12), yang dihadiri Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo beserta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan kades/Lurah se Kabupaten Gorontalo.

banner 468x60

Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Husain Duhengo menjelaskan, BPS mulai melaksanakan pra sosialisasi sensus Penduduk tahun 2020. Sosialisasi ini sudah dimulai digaungkan dari sekarang, sehingga sewaktu BPS bersama petugas di lapangan, tidak menemukan kendala dan menerima penolakan ketika berada di kecamatan, desa dan rumah tangga

“Setelah kegiatan ini, nantinya awal januari tahun 2020, BPS kembali melaksanakan sosialisasi dan mekanismenya kita akan turun ke kecamatan se Kabupaten Gorontalo,” ujar Husain.

Terkait sosialisasi satu data Indonesia, Husain menuturkan, maksud dan tujuan pelaksanaannya untuk meningkatkan pemahaman unsur pejabat teknis yang mengelola Data dan Informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

“Kita ingin mendapatkan data akurat yakni satu data Indonesia. Untuk itu sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada pihak pengelola data dan informasi,” Terangnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo mengatakan, kegiatan ini penting karena sensus penduduk dilaksanakan 10 tahun sekali. Oleh sebab itu, lanjut Nelson, BPS ini adalah lembaga yang ditugaskan pemerintah untuk melakukan pendataan terutama kaitannya sensus penduduk.

“Bicara data harus akurat sebagai kebutuhan bagi kita semua dalam proses pembangunan. Jadi Data adalah kebutuhan Pembangunan,” Kata Nelson.

Dirinya berharap kepada seluruh OPD, Camat maupun Kades, agar memahami benar-benar bagaimana sensus penduduk tahun 2020. Juga membantu memfasilitasi seluruh masyarakat.

“Apalagi hari ini sensus penduduk melalui Online dan juga mungkin ada melalui konsepsional. Konsepsional saya kira menyiapkan rakyat menerima pendataan dan berikut lebih efektif serta efesien. Karena sudah menggunakan HP android. Jadi tugas kita memfasilitasi masyarakat,” pungkas Nelson. (Adv/Wahyono/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60