Pemkab Gorontalo Realisasi Infrastruktur Jalan di Desa Ayumolingo

infrastruktur jalan

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo realisasikan infrastruktur jalan yang berada di desa Ayumolingo Kecamatan Pulubala.

Pembangunan infrastruktur itu dipenuhi oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, setelah warga mengeluhkan jalan yang dijadikan akses pertanian sulit dilalui kenderaan.

Jalan yang saat ini dikerjakan tersebut, menggunakan metode pelaksanaan kontruksi jalan lapen dengan panjang 1,6 Kilometer. Adapun pelaksanaan jalannya dikerjakan oleh Dinas Tenaga kerja  dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo melalui sumber dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019 dengan anggaran Rp 3.202.900.395

Kepala bidang pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans), Irawati Usma mengatakan, pembangunan jalan itu merupakan komitmen Bupati Nelson Pomalingo kepada warga transmigrasi di desa Ayumolingo kecamatan Pulubala.

” Sejak lama jalan ini menjadi keluhan warga disana. Jika hujan datang jalannya sulit dilalui dan jika datang musim panas para pengguna jalan mengeluh karena debunya. Adanya bantuan dari Bupati bisa memberi manfaat warga untuk akses pertanian,” Ucap Irawati, Rabu (4/9).

Selain Jalan, pemerintah Kabupaten Gorontalo juga membangun infrastruktur jembatan dan embung desa sebagai sumber air lahan pertanian bagi warga Ayumolingo.

Jembatan itu dibangun dengan bentang 20 meter menggunakan anggaran sebanyak Rp 2.208.368.211. Sementara embung desa menggunakan anggaran senilai Rp 475.315.263.

“Semua infrastruktur ini sebagai kebutuhan masyarakat dalam rangka mempermudah akses trasportasi guna peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga,” Tandas Irawati.