Pemkab Gorut berharap Festival Saronde Bangkitkan Gairah Ekonomi

Festival Saronde Ekonomi

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) berharap kegiatan Festival Pesona Saronde 2021 mampu membangkitkan gairah ekonomi kreatif di Gorontalo Utara.

Bupati Gorut Indra Yasin mengatakan semangat pelaksanaan iven nasional Festival Pesona Saronde 2021 bisa membangkitkan semangat para pelaku parawisata dan ekonomi kreatif.

“Semoga ekonomi Gorontalo Utara meskipun ditengah pandemi COVID-19 terus tumbuh, terutama mereka pelaku UMKM,” kata Indra Yasin.

Dalam kesempatan itu pihaknya merasa bersyukur atas kepercayaan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dimana Festival Pesona Saronde masuk event Nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan beberapa langkah untuk mempercepat pemulihan pariwisata dan industri kreatif.

Meski pariwisata Indonesia sangat terpukul dengan adanya pandemi Covid-19, Sandiaga tetap optimistis bahwa Indonesia mampu bangkit dengan berbagai upaya yang tengah dilakukan.

Sandiaga menyiapkan lima langkah strategis untuk mendorong pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Kelima langkah ini adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), revitalisasi destinasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif, peningkatan resiliensi dan saya saing usaha, inovasi produk dan jasa, serta pemulihan dan perluasan pasar. (Rully)