Pemkab Pohuwato Akan Bangun Embung Guna Atasi Banjir

READ.ID – Untuk mengatasi banjir yang kerap melanda pemukiman warga di kala musim hujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato akan membangun embung atau cekungan penampung.

Hal tersebut, diungkapkan Bupati Saipul Mbuinga usai meninjau lokasi masyarakat yang terdampak banjir di Desa Teratai dan Desa Botubilotahu, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Senin (13/9/2021).

Sebelumnya, Saipul menyampaikan, pihaknya telah mengerahkan alat eksavator, untuk menormalisasikan saluran drainase yang tersumbat.

“Saya sudah tinjau langsung, Insyaallah penanganannya akan lebih cepat, dengan menggunakan tiga alat yang sudah diturunkan tadi,” tuturnya.

Dirinya juga mengatakan, hal ini merupakan antisipasi awal, ke depan pihaknya akan menyusun master plan untuk pembangunan infrastruktur yang dapat mengatasi banjir, sehingga hal serupa tidak akan terjadi lagi di kemudian hari.

Saipul juga menjelaskan, infrastruktur yang dimaksud berupa embung, pihaknya juga telah memetakan lokasi pembangunan, yang kemudian akan dimasukkan dalam Anggran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

“Saya bersama pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) dalam hal ini PSDA, bersama-sama datang ke balai sungai untuk mempresentasikan itu,” imbuhnya.

Bupati Pohuwato itu juga menambahkan, langkah tersebut merupakan solusi, dan diharapkan dapat mengatasi persoalan banjir yang kerap melanda wilayah tersebut.

“Apa yang menjadi harapan masyarakat ini akan menjadi perhatian tersendiri bagi saya, karna itu merupakan satu-satunya jalan, yang dapat mengurai banjir yang datang saat musim penghujan, yang membuat masyarakat sangat terganggu,” tandasnya.

(JK/Read)