Pemkab Pohuwato Gandeng BPU UNG Tingkatkan Kapasitas Desa

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, menggandeng Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), untuk meningkatkan kapasitas desa.

Upaya itu, dilakukan dengan menyelenggarakan Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa, bagi kepala desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk 55 desa di Kabupaten Pohuwato.

Pelatihan tersebut, berlangsung di Ballroom Hotel TC Damhil UNG, Kamis, (22/7/2021), dan akan digelar selama 5 hari sampai dengan 27 Juli mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, akan ada penerimaan materi penggunaan aplikasi OpenBumdes, dan penyusunan Rencana Pembangunan Menengah Desa (RPJMDes).

Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., dalam sambutannya mengatakan Pelatihan yang digelar Pemkab Pohuwato dan BPU UNG tersebut, merupakan wujud nyata dari  implementasi terkait penguatan kapasitas desa yang menjadi program unggulan dari UNG.

“Kegiatan ini juga merupakan pendampingan tahap awal, untuk menunjang kemajuan Bumdes di Kabupaten Pohuwato. Bumdes harus menjadi salah satu pionir penting untuk menuju desa mandiri,” tutur Eduart.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato Nasir Giasi, S.Pd., M.Si. mengatakan, untuk meningkatkan ekonomi daerah bukan hanya tugas pemerintah saja, peran Bumdes juga sangat diperlukan.

“Sehingga dengan peningkatan kapasitas ini, Bumdes harus berperan untuk menyumbangkan peningkatan ekonomi di masing-masing desa,” ungkap Nasir Giasi.

Nasir Giasi mengatakan, melalui Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan Bumdes secara lebih modern.

(SAS/Read)