Pemkab Pohuwato Antisipasi Lonjakan Covid-19

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Daerah.

Hal itu diungkapkan Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, saat mengunjungi pelabuhan penyebrangan yang berada di Kecamatan Paguat.

Dalam kunjungan tersebut, Saipul Mbuinga di dampingi Dandim 1313 Pohuwato, Kalopres, Kadis Perhubungan, Kadis Kominfo, Ka Baperlitbang, Ketua Gugus Covid-19, dan Camat Paguat, Rabu (14/07/2021)

Saipul menjelaskan, bahwa kunjungan tersebut sudah terjadwalkan, dan sangat diapresiasi oleh Gubernur Gorontalo, yang itu merupakan tindak lanjut dari dukungan Pemkab atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

“Jangan sampai terjadi lonjakan kasus Covid, karna ini merupakan penumpang yang berasal dari pulau-pulau yang berasal dari Sulawesi Tengah, yakni Ampana, Dolong, dan Togean,” ungkap Saipul Mbuinga.

Selanjutnya dirinya menyampaikan, kedatangan penumpang antar pulau memiliki potensi yang sangat besar terhadap penularan Covid.

Olehnya, kata Saipul, ketika penumpang tiba selain memeriksa surat keterangan antigen, penumpang juga diperiksa kembali dengan melakukan tes antigen.

Saipul mengungkapkan, dari 5 penumpang yang dilakukan pemeriksaan, 1 di antaranya reaktif.

Sehingganya penumpang yang di nyatakan positif akan langsung dilakukan isolasi, di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

“Kami sudah menyiapkan satu tempat isolasi terpusat, Gubernur juga tidak menginginkan bagi masyaralat yang sudah dinyatakan positif, lantas masi kita perbolehkan untuk isolasi mandiri di rumahnya, karna itu mempengaruhi sanak keluarga dan orang di sekitarnya,” tuturnya.

Hasil akhir dari pemerikasaan tes antigen, dari total24 orang penumpan yang datang melalui pelabuhan penyebrangan Paguat, 3 di antaranya dinyatakan reaktif Covid-19.

(JK/Read)