Pemkab Pohuwato Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Sosialisasi Sampah

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato melalui dinas lingkungan hidup menggelar sosialisasi pengelolaan bank sampah dan sosialisasi 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) kepada warga yang diselenggarakan di aula dinas lingkungan setempat, Selasa (19/11).

pahlawan

Sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari pemerintah desa dan masyarakat, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Pengelola Bank Sampah dan TPS 3R yang ada di Marisa, Duhiadaa dan Buntulia, yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Keapala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pohuwato, Bahari Gobel menjelaskan, pengelola sampah sudah masuk pada urusan wajib yakni kita berupaya untuk mengelola sampah dengan baik.

“Ini merupakan program baru yang mungkin baru 3 tahun dan ini sudah dijalankan. Kemudian ada yang namanya Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) yaitu pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga,” ujarnya.

Dirinya memparkan, istilah 3 R adalah langkah-langkah atau proses mengelola dan menangani sampah dengan berbagai macam. Yakni Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan, Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Bahari berharap kepada masyarakat agar pengelolaan dan penanganan sampah ini bisa dilaksanakan, sehingga dukungan dari pemerintah desa, masyarakat dan perusahaan-perusahaan begitu diharapkan.

“Sebelumnya daerah diminta oleh pusat menyusun Jakstrada dan alhamdulillah di pohuwato sudah selesai dan itu sudah di SK-kan bupati pada Oktober 2018. Di Jaksrada itu sudah diatur dari 2019 sampai 2025 yang kita usahakan sampah jadi 0 persen dengan adanya 30 persen pengurangan dan 70 persen penanganan,” ungkapnya.

Pada akhir kegiatan, pihak perusahaan dan disaksikan Kadis DLH Bahari Gobel dan Kasi Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, DLH Provinsi Yusdin Danial, menyerahkan CSR dalam bentuk thumbler sebanyak 300 buah kepada masyarakat. Pemberian thumbler sebagai pengurangan sampah plastik. (Adv/RL/Read)