Pemprov Gorontalo dan Pusdatin Kemendagri Gelar Bimtek Penatausahaan Keuangan Daerah Melalui Aplikasi SIPD-RI

Bimtek Penatausahaan Keuangan Daerah

banner 468x60

READ.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemendagri menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan Daerah melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah Republik Indonesia (SIPD RI), Rabu (24/1/2024).

Kegiatan yang diikuti penjabat pengelola keuangan, pejabat penatausahaan keuangan, bendahara pengeluaran dan operator aplikasi SIPD-RI lingkup OPD Provinsi Gorontalo ini, dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 24 sampai dengan 25 Januari 2023 bertempat di Hotel Lumire Jakarta Pusat.

banner 468x60

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofian Ibrahim mengatakan, kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti bimtek dengan sebaik-baiknya. Mengingat penggunaan SIPD penatausahaan keuangan di lingkungan Pemprov Gorontalo masih memiliki kendala.

“Banyak sekali persoalan yang dihadapi oleh seluruh pengelola keuangan di OPD, sehingga kita meminta kesediaan dari Pusdatim untuk mencoba menggali apa masalahnya. Kemudian dicari solusi seperti apa, sehingga proses penatausahaan keuangan di OPD ini berjalan baik sampai dengan akhir tahun,” jelas Sofian.

Terkait penggunaan SIPD sendiri, Sofian mengungkapkan bahwa Pemprov Gorontalo telah sepenuhnya menggunakan aplikasi tersebut, mulai dari tahapan perencanaan hingga penganggaran dan pada saat ini mulai memasuki tahapan penatausahaan. Untuk itu, melalui Bimtek tersebut mantan Kepala Bapppeda ini berharap proses integrasi melalui SIPD dapat berjalan dengan baik sampai kepada pelaporan keuangan.

“Mudah-mudahan seluruh peserta yang datang ini betul-betul menyampaikan dan mendiskusikan permasalahan yang ada sehingga sebaliknya dari sini, semua persoalan yang mereka hadapi sehari-hari di OPD masing-masing itu tuntas tertangani,” harap Sofian.

Di akhir sambutannya panglima ASN ini memberikan apresiasi kepada Pusdatin Kemendagri yang bersedia memfasilitasi bimtek SIPD. Ia berharap Pemprov Gorontalo terus mendapat dukungan dan bimbingan dari Pusdatin dalam pemanfaatan aplikasi SIPD. Tidak hanya sebatas pada pelaksanaan bimtek, tetapi secara berkelanjutan, sehingga tahapan demi tahapan pengelolaan keuangan daerah sudah sepenuhnya terintegrasi melalui SIPD.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Pusdatin Kemendagri, Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kemendagri, Analis Monitoring Evaluasi Kemendagri, Analis Sistem dan Jaringan Kemendagri serta Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60