Pemprov Gorontalo Siap Revitalisasi Bendungan Hunggalua

READ.ID,- Dalam Penyerahaan bantuan benih jagung dan padi oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bagi petani di Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (30/3/2019), Terungkap bahwa bendungan Hunggalua siap di revitalisasi.

Rencana revitalisasi tersebut berawal ketika keluhan tidak berfungsinya Bendung Hunggalua untuk mengairi sawah warga terungkap lewat Para petani yang tergabung dalam Persatuan Petani Pemakai Air (P3A) yang meminta Pemprov Gorontalo agar mengambil alih penanganan bendungan tersebut.

“Jadi perlu saya sampaikan, jika bendung atau irigasi dia bisa mengairi 0 sampai 1.000 hektar sawah itu kewenangan kabupaten, 1.000 sampai 3.000 itu kewenangan provinsi, serta 3.000 ke atas menjadi kewenangan pusat,” terang Rusli.

Untuk menyelamatkan fungsi bendung, Gubernur Rusli mengaku siap merevitalisasi bendung yang dibangun tahun 1980 itu. Terpenting saat ini perlu adanya pengalihan status kepemilikan dari pemerintah kabupaten kepada pemerintah provinsi.

“Tadinya bendung ini mengairi kurang dari 1.000 hektar, sekarang sudah 1.009 hektar sehingga sudah menjadi kewenangan provinsi. Tadi sebelum ke sini, saya sudah telpon Pak Bupati agar mengirimkan surat ke kita untuk pengalihan status,” tutupnya****

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.