Tanggal14/12/2019

Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Gorontalo

READ.ID –  Untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa. Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) khusus percepatan penataan kewenangan desa.

Bimtek yang berlangsung di hotel Horison kota Gorontalo hingga. Selasa (03/12) itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Neson menjelaskan, Bimtek tersebut untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi seluruh aparat desa. Terutama, dalam mengolah dana desa.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mengembangkan sumber daya manusia bagi aparat desa. Termasuk di dalamnya penataan kewenangan dana desa,” tuturnya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Gorontalo, ada 1,5 Triliun rupiah anggaran yang masuk setiap tahunnya. Yang total dibagikan di seluruh desa sebanyak 300 milyar rupiah.

“Dana ini bisa dimaksimalkan dengan benar, dan harus sesuai dengan petunuk teknis (Juknis) atau peraturan yang ada. Maka dengan Bimtek ini, Kepala desa harus bisa memahami apa yang harus dilakukan,” tegas Nelson.

Dirinya juga berharap, aparat desa juga memahami Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Agar dapat terjalin kolaborasi yang baik, antara anggaran APB-des dengan anggaran APBD.

“Saya sekali lagi meminta aparat desa dapat menggunakan kesempatan dan mengikutinya dengan baik. Kepada panitia juga diharapkan memberikan informasi yang berharga untuk meningkatkan kualitas aparat. Sehingga di dalam melaksanakan tugas akan lebih baik di masa akan datang,” tandas Nelson. (Adv/Wahyono/Read)