Penjagub Gorontalo Jadi Inspektur Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60

Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60

READ.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menjadi inspektur upacara pada pelaksanaan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 tingkat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo, yang berkesempatan menyampaikan langsung amanat dari Menteri Hukum dan HAM RI. Upacara tersebut berlangsung di halaman Kantor Kemenkumham, Sabtu, (27/4/2024).

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam sambutan yang disampaikan Penjagub mengatakan, tanggal 27 April salah satu momen penting pemasyarakatan yang tercatat dalam sejarah Indonesia. Pemasyarakatan telah memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak kepada mereka yang dikenakan upaya paksa, pembinaan bagi pelanggar hukum dan secara signifikan terlibat dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana.

Disisi lain, dalam upaya memperkecil resiko terhadap peran besar pemasyarakatan, pihaknya selalu menekankan, laksanakan deteksi dini pada semua aspek dan lini. Sinergikan dengan stakeholder terkait dan ambil tindakan tegas secara terukur untuk hal hal yang berpotensi menjadi hambatan pelaksanaan tugas.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini atas nama Menteri Hukum dan HAM mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait, yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas pemasyarakatan,” kata Ismail.

“Selanjutnya kepada pimpinan pemerintah daerah juga saya ucapkan terimakasih atas kerjasama serta dukungan yang diberikan kepada satuan kerja pemasyarakatan di daerah bapak/ibu sekalian. Sebuah kehormatan bagi kami untuk bisa terus berkolaborasi,” tambahnya.

Pelaksanaan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 tingkat Provinsi Gorontalo sendiri dirangkaikan dengan penandatanganan MOU antara Pemprov Gorontalo dengan Kantor Kemenkumham wilayah Gorontalo. Selanjutnya juga diserahkan piagam penghargaan binaan UMKM terbaik oleh ASN dilingkup Kemenkumham.

Usai upacara, penjagub yang didampingi Ketua TP-PKK Fima Agustina, Sekdaprov Gorontalo Sofian Ibrahim, Kepala Kemenkumham Provinsi Gorontalo Pagar Butar Butar dan perwakilan Forkopimda dan pimpinan instansi vertikal, meninjau pelaksanaan pasar murah yang turut menjadi bagian dari rangkaian hari bhakti pemasyarakatan.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version