banner 468x60

Penjagub Sebut Pohuwato Bisa Jadi Lumbung Pangan Provinsi Gorontalo

Pohuwato Bisa Jadi Lumbung Pangan Provinsi Gorontalo

READ.ID – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyebut Kabupaten Pohuwato bisa menjadi lumbung pangan Provinsi Gorontalo dengan adanya Bandar Udara Panua. Terlebih lagi apabila Ibukota Nusantara di Kalimantan telah resmi beroperasi.

“Keberadaan Bandara Panua kalau tidak ada aral melintang akan diresmikan oleh Joko Widodo. Adanya bandara ini akses Kabupaten Pohuwato ke dunia luar akan semakin terbuka,” ungkap Penjagub Ismail saat memberikan sambutan pada rapat paripurna dalam rangka HUT ke-21 Kabupaten Pohuwato, bertempat di ruang sidang DPRD, Minggu (25/2/2024).

Adanya bandara ini juga menandakan Kabupaten Pohuwato memiliki ketambahan sumber daya yang besar. Ketambahan infrastruktur ini bisa menjadi penyuplai bahan pangan di Ibukota Nusantara.

Ditambahkan Bupati Pohuwato Syaiful Mbuinga, Bandara Panua pada tahun 2003 telah digagas oleh penjabat bupati pertama Pohuwato berdasarkan masukan tokoh masyarakat Pohuwato saat itu. Kemudian gagasan tersebut mulai dirintis implementasinya oleh Bupati Zinuddin Hasan dan Wakil Bupati Yusuf Giasi.

“Syukur Alhamdulillah atas perjuangan
kita semua, pada tanggal 18 Februari tahun 2024 bandara ini sudah uji coba penerbangan, Penjabat Gubernur bersama saya juga pejabat lainnya telah ikut terbang dan baik lepas landas maupun pendaratan tidak ada masalah,” ungkap Syaiful.

Setiap periode pemerintahan yang didukung lembaga DPRD di masanya, telah berkontribusi dalam perwujudan Bandara Panua Pohuwato. Lebih penting lagi dukungan masyarakat, khususnya pemilik lahan dan pemerintah Kecamatan Randangan bersama kepala desa sekitar.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60