Date:August 10, 2020

Penyelundupan Ribuan Liter Miras Terbongkar di Perbatasan Gorontalo

Gorontalo Miras

READ.ID – Penyeludupan ribuan liter minuman keras (Miras) terbongkar di perbatasan antara Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah, tepatnya di Kecamatan Popayato Barat, Kabupaten Pohuwato, Jumat (03/07) sekitar pukul 01.30 Wita.

Upaya penyeludupan miras sebanyak 1.056 liter itu terbongkar saat tim gabungan dari unsur Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan anggota kepolisian hendak memeriksa setiap kenderaan yang melintas di wilayah Gorontalo.

Salah satu personil Brimbob Polda Gorontalo, Bripka Toto S. Laude mengatakan, miras tersebut didapati pada satu unit Mobil Bus Jawa Indah dengan Nomor Polisi DN 7104 AU. Mobil ini berasal dari Sulawesi Utara dengan tujuan ke Sulawesi Tengah.

Petugas awalnya melakukan pemeriksaan pada ruang dalam mobil itu. Miras yang ditemukan yakni terisi di dalam kardus yang dikemas dengan sangat rapih. Kemudian, pemeriksaan dilanjutkan lagi ke bagian bagasi mobil, dan kembali ditemukan miras yang terisi di dalam karung. Setelah dilakukan pengecekan secara keseluruhan, miras jenis captikus itu sebanyak 1.056 liter.

“Dari penjelasan sopir bahwa minuman alkohol jenis cap tikus diangkut dari wilayah Provinsi Sulut pada empat tempat yang berbeda dan akan dibawa ke Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Adapun keempat tempat tersebut yakni Terminal Malalayang di Kota Manado, Amurang dan Tumpaan di Kabupaten Minahasa Selatan, dan Bolaang di Kabuaten Bolaang Mongondow.

Sebelumnya, supir dari tersebut berhasil mengelabui petugas yang ada di perbatasan Kecamatan Atinggola. Namun, saat hendak melintas menuju ke Provinsi Sulawesi tengah aksi tersebut berhasil digagalkan.

“Miras tersebut langsung kami amankan untuk dijadikan sebagai barang bukti,” tandas Bripka Toto S. Laude.

(Aden/RL/Read)