Perangi Penyakit Hipertensi, Dokter Grace Datangi Tempat Ibadah

READ.ID,- Jika Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) lain, melayani pasien di dalam kantor. Berbeda dengan Puskesmas Kota Selatan, yang rela mendatangi tempat-tempat ibadah untuk mendeteksi dini penderita hipertensi. Tak tanggung-tanggung, Jumat (15/02) kemarin usai jamaah menunaikan sholat, langsung didatangi dan dilayani petugas Puskesmas Kota Selatan.

Program inovasi yang digagas dr.Grace Tumewu ini, mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat utamanya yang mengidap penyakit hipertensi, namun banyak masyarakat tidak tahu dan tidak menyadari atas kondisi kesehatan mereka.

Hal ini terungkap, ketika masyarakat mulai berdatangan ke puskesmas, melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan mereka. Menurut Grace, banyak masyarakat merasakan gejala hipertensi namun jarang konsultasi dengan petugas soal kondisi kesehatan mereka.

“Tak hanya melakukan pemeriksaan, dalam kegiatan tersebut Puskesmas Kota Selatan juga turut melakukan edukasi (penyuluhan) kesehatan. Baik kepada masyarakat yang terdeteksi hipertensi, maupun masyarakat yang belum terpapar hipertensi. Untuk masyarakat yang terdeteksi hipertensi kita tindaklanjuti dengan program Prolanis. Program ini ditujukan untuk penderita penyakit hipertensi, diabetes mellitus (kencing manis) maupun penyakit kronis lainnya,” ujar dr.Grace Tumewu.

dr.Grace berharap, melalui kegiatan ini dapat menurunkan penderita hipertensi di Gorontalo, khsususnya di Kota Gorontalo.

“Ke depan program ini akan kita upayakan bisa diperluas lagi. Tidak hanya di masjid saja, tetapi di tempat ibadah lain. Termasuk di pusat-pusat kegiatan masyarakat,” tutup dr.Grace.(bink).

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *