PERGATSI Sosialisasi Permainan Gateball ke Pemkab Gorontalo Utara

Pergatsi Gorontalo

READ.ID – Pengurus Provinsi Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Gorontalo kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Jumat (7/1/2022) bertempat di depan halaman kantor Bupati setempat.

Bupati Kabupaten Gorontalo Utara, Indra Yasin mengaku cukup bersemangat dalam menjajal olahraga baru asal jepang yaitu Gateball.

Kehadiran Gateball sebagai olahraga baru itu disambut baik oleh Bupati Indra Yasin sebagai salah satu cabang olah raga (cabor) yang akan bergabung dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gorontalo Utara.

“Saya menyambut baik hadirnya satu cabang olah raga di Gorut. Nantinya mereka akan digabung di KONI,” ujar Indra Yasin saat diwawancarai usai menjajal olah raga yang mirip golf itu.

Indra mengatakan, olahraga yang mirip permainan golf itu dinilai cukup menarik, sebab tidak membutuhkan lapangan yang terlalu luas, sehingga dalam satu lapangan sepak bola misalnya, bisa menjadikan beberapa lapangan gateball.

“Olahraganya tidak membutuhkan sarana prasarana yang terlalu mahal. Mungkin hanya stik pemukulnya itu kelihatan agak mahal, tapi hanya sekali beli dan bisa dipakai lama,” terangnya.

Menurutnya, olahraga Gateball sangat cocok untuk semua generasi. Mengingat untuk memainkan olahraga tersebut tidak butuh tenaga yang begitu besar dan cukup hanya konsentrasi dan ketepatan dalam memukul bola.

“Artinya, tidak perlu tegang, sehingga benar-benar fokus, sehingga saya kira permainan Gateball ini sangat cocok untuk generasi muda,” imbuhnya.

Indra berharap, Pergatsi Gorontalo terus melakukan sosialisasi di setiap kecamatan, dan juga meminta kepada pengurus provinsi maupun daerah untuk segera menyiapkan sarana prasarana dulu di Gorontalo Utara, setelah itu dilakukan pertandingan-pertandingan.

“Kalau ini sudah rutin, saya kira semakin mahir kita, karena mengukur pukulan, seperti main bilyard, saya lihat juga ada bola efek. Jadi, saya kira itu bagus yah, dan kita bisa kembangkan dan itu akan cepat,” tandasnya.