Pertamina Tanggapi Insiden Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Gorontalo

PEAD.ID – PT. Pertamina Patra Niaga menanggapi terkait insiden kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) terbakar, yang terjadi di kawasan Pelabuhan Leato, Gorontalo, Senin (6/9/2021) malam.

Subholding Commercial & Trading Marketing Operation Region Sulawesi memastikan penyaluran BBM tidak terganggu, dan kondisi stok BBM dalam keadaan aman.

Pasalnya, kapal yang mengangkut BBM tersebut sudah selesai bongkar muat di Terminal BBM Gorontalo pada pukul 16.54 WITA.

Insiden munculnya api pada Kapal SPOB Julvinda yang sedang berada di sekitar kawasan Pelabuhan Leato, Gorontalo tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 Wita.

Area Manager Communication, Relation & CSR MOR VII Laode Syarifuddin Mursali, mengatakan kapal tersebut adalah kapal sewa atau istilah pada proses suplai dan distribusi disebut Kapal Spot Charter.

“Kapal itu bukan milik Pertamina. Dari informasi yang kami dapatkan di lapangan, Kapal Spot Charter SPOB Julvinda ini pada saat kejadian muncul api di kapal, itu dalam kondisi tidak ada BBM karena sudah bongkar muatan BBM,” ujar Laode

Dia pun menambahkan posisi stok BBM di Terminal BBM Gorontalo dalam kondisi aman.

“Jadi masyarakat kami imbau tidak perlu panik, penyaluran BBM tetap berlangsung normal dan stok dalam keadaan aman tidak terganggu,” tandasnya.