Petahana Ingin Maju 2024, Periksalah Media Sosialnya

Petahana

READ.ID – Dosen Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Funco Tanipu, ST., M.A, mengatakan masyarakat wajib memeriksa kinerja para petahana yang ingin maju pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, terlebih gagasannya melalui media sosial.

“Jika ia petahana, atau di periode sebelumnya sudah pernah menjadi Anggota DPR/DPD/DPRD, maka cek dan lihat secara detail kinerjanya dalam periode tersebut,” ujar Funco, Sabtu (5/11).

Setidaknya, kata Funco, salah satu langkah untuk memeriksa apakah petahana tersebut menjalankan amanah rakyat atau tidak. Misalnya, mengecek secara detail melalui internet (bisa lewat google) namanya dan apa yang telah ia kerjakan dan aspirasikan selama ini, khususnya mengenai daerahnya.

“Periksa media sosialnya, apakah dia punya akun yang dia kelola khusus atau dikelola tim, bagaimana interaksi selama dia duduk di parlemen,” ucapnya.

Kemudian, melalui akun media sosial itu diperiksa foto-foto kegiatannya. Hitung berapa kali dia berbicara di media, apa gagasannya, terealisasi atau tidak gagasan dan ucapannya itu?

“Lihat pula bagaimana ia mengelola gajinya, apakah dia transparan dengan gajinya selama ini? Cek apakah dia sudah melaporkan LHKPN ke KPK? Apa dia pernah publikasi kekayaannya?,” tutupnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60