Petani Di Kabupaten Gorontalo Peroleh Hadiah Dari Gubernur

READ.ID,- Para Petani yang tersebar di sejumlah kecamatan wilayah Kabupaten Gorontalo memperoleh hadiah dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, berupa bajak lahan secara gratis.

Para petani yang beruntung tersebut berasal dari Kecamatan Batudaa, Tabongo, Bongomeme, Dungaliyo,Telaga dan Limboto. Mereka dapat meminjam alat mesin pertanian (alsistan) yang dikelola oleh Brigade Alsintan Dinas Pertanian. Seharusnya, setiap hektar lahan yang dibajak membutuhkan ongkos operator dan BBM senilai Rp800.000. Harga itu lebih rendah 50 persen jika dibandingkan petani meminjam dari petani lain.

“Alhamdulillah untuk warga di sini saya berikan hadiah. Semua lahan kita bajak gratis tidak perlu bayar-bayar,” terang Rusli saat menggelar Bakti Sosial NKRI Peduli di Desa Ambara, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (13/4/2019).

Program bajak lahan secara gratis merupakan hal baru dan diharapkan dapat menekan ongkos produksi petani sawah dan jagung. Pada gilirannya petani bisa meningkatkan produksi pertaniannya. Bagi petani yang ingin mengakses program ini bisa langsung melayangkan proposal ke Dinas Pertanian dengan cara berkelompok.

“Apalagi sekarang sudah musim tanam jagung, sebagian juga untuk padi sawah. Jadi silahkan dimanfaatkan bantuan itu. Petani yang ingin tanahnya dibajak gratis bisa memasukkan proposal ke Dinas Pertanian,” Kata Rusli.

Saat ini, ketersediaan mesin di brigade alsintan Provinsi Gorontalo terawat dengan baik dan siap digunakan Keseluruhan alat berjumlah 6.307 unit terdiri dari traktor roda empat 45 unit, traktor roda dua 156 unit, rice transplanter 22 unit, pompa air 250 unit, handsprayer 40 unit serta alat tanam jagung 60 unit dan beberapa alat lainnya.****

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.