Pohuwato Siap Jadi Lokasi Balai Penyimpanan Logistik Bencana Regional Sulawesi

Balai Penyimpanan Logistik Bencana

READ.ID – Kabupaten Pohuwato siap menjadi lokasi Pembangunan balai penyimpanan logistik bencana wilayah regional Sulawesi, yang direncanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesian.

Dijelaskan Rusmiyati Pakaya Asisten III Administrasi Umum Setda Pohuwato, BNPB akan membangun balai penyimpanan di seluruh Indonesia yang tersebar di 7 Provinsi, dan Gorontalo merupakan salah satu Provinsi yang terpilih menjadi lokasi pembangunan balai tersebut untuk Regional Sulawesi.

banner 468x60

Rusmiyati pun berharap, di Provinsi Gorontalo sendiri, Kabupaten Pohuwato bisa menjadi lokasi untuk pembangunan balai penyimpanan logistik bencana tersebut.

“Kami siap, lahan seluas 5 hal sudah disiapkan apabila pohuwato terpilih sebagai lokasi pembangunan mega proyek tersebut,”ungkapnya saat membuka Penguatan Kapasitas Tim Teknis Pengkajian Kebutuhan pasca bencana (Jitupasna) Kabupaten Pohuwato, Kamis (07/07/2022)

Harapan tersebut bukan tanpa alasan, disampaikan Rusmiyati, kesiapan daerahnya menjadi lokasi pembangunan balai tersebut didukung oleh tersedianya berbagai sarana.

Selain lahan yang telah disiapkan kata Rusmiyati, pohuwato adalah lokasi yang strategis karena didukung oleh kelengkapan akses transportasi baik darat, laut, maupun udara.

“Akses jalan kami merupakan trans sulawesi, dilaut kami punya pelabuhan paguat, kami juga punya bandara yang InsyaAllah akan rampung pembangunannya di tahun 2023 mendatang,”tuturnya

Disamping itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, Harun Enggowa mebeberkan, pembangunan gudang logistik merupakan rencana jangka panjang dari BNPB yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan logistik ketika terjadi bencana.

Yang mana, dalam penentuan lokasi tersebut masih akan dilakukan pengkajan dengan persyaratan, daerah yang mengusulkan menjadi lokasi harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) setingkat Eselon II untuk menjadi Kepala Balai, lahan seluas 5 ha, pelabuha, dan bandara.

“Pohuwato bisa mengusulkan, nanti kita kaji di BPBD Provinsi,”imbuhnya

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pohuwato Bahari Gobel menambahkan, terpilihnya Provinsi Gorontalo sebagai lokasi di regional Sulawesi dikarenakan letaknya yang berada diantra daerah yang pernah terjadi bencana.

“Kita itu berada di antara, 2018 bencan di palu, di Sulawesi utara kemarin juga letaknya di amurang, InsyaAllah kita berdoa semoga pohuwato terpilih,”tandasnya

 

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60