Potensi Laut Gorontalo Bisa Maksimal Jika Ilegal Fishing Diberantas

READ.ID,- Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menegaskan bahwa potensi perikanan dan kelautan Provinsi Gorontalo akan bisa maksimal jika praktik illegal fishing bisa diberantas.

Rusli menjelaskan, letak Provinsi Gorontalo sangat strategis karena diapit oleh dua perairan yaitu Teluk Gorontalo atau lebih dikenal Teluk Tomini dan Laut Sulawesi di bagian Utara.

Dalam catatan sejarah maritim Indonesia, lanjut Rusli, Laut Sulawesi menjadi penting karena merupakan jalur pelayaran dari Pulau Sulawesi menuju Filipina yang juga menjadi wilayah perairan Kesultanan Sulu di sebelah Timur dari Malaysia.

Sementara itu juga Kata Rusli, potensi perikanan dan kelautan di Gorontalo sangat tinggi mengingat Luas perairan Gorontalo mencapai 50.500 km2. Terdiri dari luas wilayah Teluk Tomini 7.400 km2,Laut Sulawesi 3.100 km2 serta wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Laut Sulawesi 40.000 km2.

“Potensi ini harusnya dapat dimaksimalkan jika saja aktivitas ilegal fishing yang terjadi bisa kita berantas,” Kata Rusli.

Pernyataan Rusli Habibie itu disampaikan saat menyambut kedatangan Kapal Angkatan Laut (KAL) yang diberi nama LIMBOTO 1-8-33, Rabu (3/4/2019). Rusli didampingi Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Tonny Sundah serta unsur Forkopimda lainnya.*****

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.