PRKP Sosialisasikan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan

READ.ID – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Provinsi Gorontalo, menggelar Sosialisasi Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) 2019, Jumat (5/7/2019) di aula Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan sosialisasi proses dan implementasi bantuan program BP2BT dari kementerian PUPR di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo,” kata Kepala Dinas PRKP Aries Ardianto saat membuka acara.

Aries Ardianto menambahkan, latar belakang program ini adalah satu bentuk bantuan Pemerintah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang mempunyai tabungan dalam rangka perolehan rumah melalui kredit atau pembiayaan dari bank pelaksana. Bank Pelaksana yang telah melakukan kerja sama dengan Kementerian PUPR di Provinsi Gorontalo adalah Bank BTN dan Bank BRI.

“Gorontalo adalah provinsi yang dipilih sebagai pilot project Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) 2019 dari kementerian PUPR dan dan program ini sudah diperkenalkan sejak 2018,” tutur  Aries Ardianto.

Kadis PRKP menyarankan, bagi masyarakat Gorontalo yang sudah memiliki pekerjaan dengan  penghasilan yang tidak tetap dan belum mampu memiliki rumah, sebaiknya mengikuti program bantuan subsidi ini, inilah kesempatan yang diberikan pemerintah untuk mewujudkan kebutuhan dasar masyarakat memiliki perumahan yang layak.

“Masih banyak masyarakat khususnya yang tergolong MBR belum mempunyai rumah, contohnya ASN dan PTT dan masyarakat informal yang mempunyai penghasilan tidak tetap. Untuk itu pendataan MBR yang belum mempunyai rumah bisa dilakukan melalui aplikasi RUMI,” pungkas dia.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang ASN di lingkup Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, dengan menghadirkan narasumber Iskandar Matiti Tenaga Pendamping Penyalur program BP2BT dan Meyliani, Kepala Seksi Pembiayaan Perumahan Dinas PRKP Provinsi Gorontalo.

Berita terkait lainnya