Program Prioritas Nasional Penurunan Stunting di Pohuwato Resmi Dibuka

Penurunan Stunting Pohuwato

READ.ID – Program Prioritas Nasional yang bertujuan untuk menurunkan kasus Stunting atau masalah gagalnya pertumbuhan pada anak resmi dibuka Plt Sekretaris Daerah Pohuwato, Iskandar Datau, Kamis (02/07).

Dalam sambutannya, Iskandar Datau mengatakan, inti dari penurunan stunting ini adalah perbaikan gizi kalau dikorelasikan dengan tupoksi BKKBN yaitu cukup dua anak, kemudian penjarangan kelahiran.

“Ini tujuannya bagaiamana perhatian terhadap pertumbuhan anak itu menjadi lebih terperhatikan. Karena cuma dua anak dan ada penjarangan. Kalau sudah tidak ada jarang dalam kelahiran pasti terabaikaan perhatian berupa gizi anak dan pertumbuhannya,” ujar Iskandar.

Menurut Sekda, agenda ini merupakan program unggulan nasional yang diharapkan bisa menghasilkan generasi yang mempunyai kualifikasi dan dapat mengikuti perkembangan zaman. Dimana pada saat mereka memasuki usia sekolah maupun akan menerima tongkat estapet ke depan bisa siap sebagai pemimpin masa depan bangsa dan negara.

Ia juga berharap kepada peserta kegiatan bisa mengerti bagaimana upaya dalam menurunkan stunting. Mengingat proses penurunan stunting ini tidak cukup dengan pemberian gizi saja, melainkan dengan pendekatan terutama dari pola pikir.

Selain itu, kepada peserta juga diminta dapat memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar anak-anak ke depan bisa mempunyai kualitas dan juga tidak kekurangan gizi.

“Bagaimana anak-anak bisa berkulaitas dan tidak kekurangan gizi,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala DP3AP2KB Pohuwato, Rusmiati Pakaya menyampaikan, walaupun penurunan kasus stunting ini terbilang belum cukup maksimal, tetapi ia meminta kepada semua pihak agar tetap semangat dalam berupaya menurunkan kasus stunting tersebut.

“Sasarannya bagaimana masyarakat menciptakan keluarga kecil yang bahagia, sejahtera, terpenuhi kebutuhan lahir dan batin serta melahirkan generasi emas,” tutur Rusmiyati.

Agenda yang berlangsung di Aula Baperlitbang tersebut juga dihadiri oleh Plh. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, Effendy Korompot, Plt. Kepala DP3AP2KB, dan para undangan lainya.

(Adv/Dodi/RL/Read)