Program SKALA Kemitraan Australia-Indonesia Masuki Tahap Konsultasi dan Evaluasi

Program SKALA Kemitraan Australia-Indonesia

banner 468x60

READ.ID – Program Kemitraan Australia-Indonesia Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) kini memasuki tahapan konsultasi dan evaluasi pelaksanaan. Kegiatan rapat komite provinsi tersebut di gelar di Manna Caffee and Bakery, Gorontalo, pada Selasa (30/1/2024).

Perwakilan Kementrian Luar Negeri Riri Silalahi menyebut yang menjadi fokus evaluasi dalam pertemuan tersebut adalah program kerja yang telah dilaksanakan SKALA, serta rencana kerja yang akan dijalankan sampai Juni 2024.

banner 468x60

“Ini merupakan rapat komite provinsi yang kedua, hari ini kami akan memaparkan apa-apa saja yang sudah kita kerjakan dan prioritas kita ke depan sampai juni 2024 seperti apa, karena sekarang kita sudah punya program kerja dari Juni 2023-Juni 2024,” jelasnya.

Besar harapan Rini, pertemuan komite provinsi itu dapat menjadi forum sinergi dan kolaborasi. Menurutnya, hal itu sangat dibutuhkan untuk akselerasi layanan dasar sesuai dengan program SKALA.

“Melalui tahapan evaluasi hari ini harapannya ini dapat menjadi forum kita untuk saling bersinergi dan berkolaborasi. Kita di Gorontalo ini kurang lebih masih tiga bulan, jadi wajar jika pelaksanaan beberapa program juga masih sangat terbatas,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim menyarankan agar kehadiran SKALA dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai inovasi program. Menurutnya, apabila program yang diusulkan tersebut bagus untuk mendukung kualitas pelayanan, maka sudah pasti akan mendapat dukungan dari Komite SKALA.

“SKALA hadir pada kesempatan kali ini mungkin ada sekitar tujuh sampai delapan tahun ke depan, maka ini harus kita gunakan untuk melakukan berbagai inovasi dan manuver program yang didukung SKALA,” imbuh Sofian.

Diketahui, program SKALA merupakan sebuah program kerja sama dari Kedubes Australia yang bertujuan untuk mendukung pengurangan kemiskinan dan ketimpangan melalui peningkatan ketersediaan layanan dasar. Di Gorontalo program ini resmi diluncurkan pada Oktober 2023.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60